Cari Blog Ini

Sabtu, 24 September 2011

HELPING TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MATHEMATICS TEACHING: Action Research of Indonesian Secondary Mathematics Teaching

By: Dr. Marsigit, M.A.
Unsur-unsur psikologi yang terkandung
Direview oleh Indah Septia Dewi N

Berdasarkan penelitian, pada umumnya cara mengajar guru disekolah menengah atas menggunakan metode eksposisi (menjelaskan). Penjelasannya secara formal dan klasikal. Guru menjelaskan tentang konsep-konsep dasar, kemudian memberi contoh, latihan dan tugas. Dengan metode ini, tentu siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan mereka secara maksimal dalam mata pelajaran tersebut karena mereka terbiasa dituntun atau diberi. Mereka tidak terbiasa mencari sendiri konsepnya. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa guru ternyata mengalami kesulitan dalam menguasai kompetensi penting dalam bidang akademik dan mempromosikan agar siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar.

Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan melibatkan guru dalam melakukan penelitian tindakan sehingga guru-guru dapat mengembangkan model pembelajarannya sendiri. Model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan tidak hanya berorientasi pada hasil, tapi juga pada proses.

Selain itu, pemerintah juga harus meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberi prioritas lebih dalam bidang pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan ini tentu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas tenaga pengajarnya. Pengembangan kualitas tenaga pengajar atau guru merupakan hal mendasar untuk pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia.

Perubahan cara mengajar dan mengatasi kesulitan dalam mengajar tentu bukan perkara mudah. Dari memberikan penjelasan mengenai suatu materi berubah menjadi fasilitator bagi siswanya, awalnya mungkin terasa sedikit kaget dan tidak biasa. Selain itu, akan ada banyak tekanan yang dialami oleh guru. Namun, ini justru akan menjadi tantangan tersendiri dalam peningkatan dan pengembangan kualitas atau mutu guru tersebut. Siswa dan sekolah pun seharusnya turut membantu menyukseskan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

source : http://staff.uny.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar